Ponsel 5G Terbaik di 2022

Saat cakupan 5G meluas di seluruh dunia, ada lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. Pada artikel ini, kami akan menjelaskan segalanya tentang teknologi 5G. Kami akan membahas cara kerja jaringan 5G, apa yang terjadi pada pendahulunya 3G dan 4G, dan ponsel 5G terbaik untuk Android.

Jika Anda ingin melihat tren lain seperti 5G, lihat artikel tentang tren pengembangan aplikasi Android teratas.

Apa itu 5G?

5G mengacu pada jaringan seluler generasi kelima. Setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G pendahulunya, 5G adalah standar nirkabel global baru. 5G memungkinkan panahberita penemuan jenis jaringan baru yang menghubungkan hampir semua orang dan segalanya, termasuk komputer, objek, dan perangkat. G dalam 5G mengacu pada generasi teknologi nirkabel. Ada tiga jenis 5G-pita rendah, pita menengah, dan pita tinggi.

5G pita rendah menggunakan frekuensi kurang dari 2GHz. Ini adalah frekuensi seluler dan televisi yang paling lama ada. Mereka dapat melakukan perjalanan jarak jauh, tetapi tidak banyak saluran yang tersedia, dan banyak dari saluran tersebut digunakan untuk 4G. Akibatnya, 5G pita rendah menjadi lamban. Untuk saat ini, terlihat dan terdengar seperti 4G. Lebar saluran 5G pita rendah berkisar dari 5MHz hingga 15MHz.

Rentang frekuensi untuk 5G mid-band adalah 2–10GHz. Itu termasuk sebagian besar frekuensi seluler dan Wi-Fi yang ada, serta frekuensi yang sedikit lebih tinggi. Karena jaringan ini memiliki jangkauan yang wajar dari antena mereka, seringkali sekitar setengah mil, mereka adalah jaringan pekerja keras yang membawa sebagian besar lalu lintas 5G di sebagian besar negara lain.

5G pita tinggi sebagian besar merupakan gelombang udara dalam kisaran 20-100GHz. Frekuensi ini belum pernah digunakan untuk keperluan konsumen sebelumnya. Mereka memiliki jarak pendek, tetapi ada banyak spektrum yang tidak digunakan di sana, yang berarti mereka dapat berjalan pada kecepatan yang sangat tinggi, hingga 800MHz pada suatu waktu. Backhaul pita tinggi telah digunakan di masa lalu untuk menghubungkan stasiun pangkalan ke tautan internet jarak jauh. Namun, karena kekuatan pemrosesan genggam dan antena yang sangat canggih tidak tersedia pada saat itu, mereka tidak digunakan untuk perangkat konsumen.

Bagaimana 5G Bekerja?

Jaringan 5G, seperti jaringan seluler lainnya, menggunakan sistem situs sel yang membagi wilayahnya menjadi beberapa area dan mengirimkan data yang disandikan melalui gelombang radio. Setiap situs sel harus ditautkan ke tulang punggung jaringan, baik dengan backhaul kabel atau nirkabel. Karena jaringan 5G menangani lebih banyak sel dan lebih kecil yang dapat mengubah ukuran dan bentuk daripada sistem sebelumnya, mereka harus jauh lebih baik daripada sistem sebelumnya. Namun, Qualcomm mengklaim bahwa 5G akan dapat meningkatkan kapasitas empat kali lipat dari sistem saat ini dengan memanfaatkan bandwidth yang lebih luas dan teknologi antena canggih, bahkan dengan sel makro yang ada.

Bagaimana dengan 1G, 2G.3G, dan 4G?

1G adalah seluler analog. Gelombang pertama teknologi selular nirkabel adalah 2G, yang meliputi GSM, CDMA, dan TDMA. Teknologi 3G membawa kecepatan mulai dari 200kbps hingga beberapa megabit per detik. Teknologi 4G, seperti LTE dan WiMAX, adalah langkah maju berikutnya yang tidak kompatibel, dengan kecepatan mencapai ratusan megabit dan bahkan gigabit. Sekarang pada tahun 2021, teknologi 1G dan 2G hilang. AT&T berencana untuk mengakhiri layanan pada jaringan 3G mereka pada Februari 2022. Namun, 4G masih memiliki masa pakai bertahun-tahun. Jaringan dan jangkauan 4G diperlukan untuk semua ponsel 5G. Awalnya, semua jaringan 5G mengandalkan 4G untuk membuat tautannya, sebuah praktik yang dikenal sebagai “non-mandiri.” Kami bergerak menjauh dari itu dan menuju jaringan “mandiri”, tetapi tanpa bantuan 4G, jaringan 5G kehilangan banyak kinerja. Akibatnya, untuk waktu yang lama, sebagian besar jaringan akan menggabungkan tautan 4G/5G.

Ponsel Android 5G Terbaik Tahun 2022

Ketika berbicara tentang ponsel Android 5G, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama dan terpenting, Anda harus memastikan bahwa ponsel yang Anda pertimbangkan benar-benar kompatibel dengan jaringan 5G. Tidak semua ponsel Android dibuat sama dalam hal ini, jadi penting untuk melakukan riset sebelum melakukan pembelian.

Setelah Anda menemukan beberapa kandidat potensial, lihat fitur dan spesifikasi mereka. Ponsel Android 5G terbaik akan menawarkan kecepatan unduh dan unggah yang cepat, latensi rendah, dan dukungan untuk beberapa pita 5G. Jika Anda mencari yang terbaik dari yang terbaik, ini adalah ponsel yang harus Anda pertimbangkan.

1. Samsung Galaxy S10 5G

Samsung Galaxy S10 5G adalah salah satu ponsel Android 5G terbaik di pasaran, berkat rangkaian fitur yang mengesankan dan dukungan untuk beberapa pita 5G. Ini juga salah satu opsi paling mahal di luar sana, jadi ingatlah itu jika Anda ingin menghemat uang.

2. OnePlus 7 Pro 5G

OnePlus 7 Pro 5G adalah pilihan bagus lainnya bagi mereka yang mencari ponsel 5G kelas atas. Ini menawarkan fitur dan spesifikasi yang mirip dengan Galaxy S10 5G, tetapi sedikit lebih murah. Jika Anda tidak keberatan mengorbankan beberapa fitur dan kinerja, OnePlus 7 Pro 5G adalah pilihan yang bagus.
3. LG V50 ThinQ 5G

LG V50 ThinQ 5G adalah pilihan yang bagus bagi mereka yang menginginkan ponsel 5G kelas atas tetapi tidak ingin menghabiskan sebanyak Galaxy S10 5G atau OnePlus 7 Pro 5G. Ini menawarkan kecepatan unduh dan unggah yang baik, latensi rendah, dan dukungan untuk beberapa pita 5G.
4. Xiaomi Mi Campuran 3 5G

Xiaomi Mi Mix 3 5G adalah alternatif yang bagus untuk Galaxy S10 5G, menawarkan fitur dan kinerja serupa tetapi pada titik harga yang lebih rendah. Jika Anda mencari ponsel kelas atas yang tidak akan menguras kantong, Xiaomi Mi Mix 3 5G patut dipertimbangkan.